PROGRAM

BAB  I   PENDAHULUAN

 A.     Latar Belakang

Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh  perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya. Perkembangan dan perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional termasuk penyempurnaan kurikulum untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman tersebut.

Atas dasar tuntutan mewujudkan masyarakat seperti itu diperlukan upaya peningkatan mutu pendidikan yang harus dilakukan secara menyeluruh mencakup pengembangan dimensi manusia Indonesia seutuhnya, yakni aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, perilaku, pengetahuan,  kesehatan,  keterampilan dan seni. Pengembangan aspek-aspek tersebut bermuara pada peningkatan dan pengembangan kecakapan hidup yang diwujudkan melalui pencapaian kompetensi peserta didik untuk bertahan hidup, menyesuaikan diri, dan berhasil di masa datang. Dengan demikian, peserta didik memiliki ketangguhan, kemandirian, dan jati diri yang dikembangkan melalui pembelajaran dan pelatihan yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Oleh karena itu diperlukan penyempurnaan Program Kerja Kurikulum sekolah yang berbasis pada kompetensi peserta didik.

Program Kerja Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan SMP Negeri 4  Lembang. Sesuai dengan pengertian tersebut, Program Kerja Kurikulum 2012/2013 berisi seperangkat rencana dan pengaturan tentang program yang dibakukan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan SMP Negeri 4  Lembang.

 B.      Landasan Hukum

 Landasan hukum yang mendasari dalam penyusunan Program Kerja Kurikulum tahun pelajaran 2012-2013 adalah sebagai berikut ini.

  1. Undang-undang Republik Indonesia No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.
  2. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2004 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi.
  7. Program Kerja/Renstra SMP Negeri 4  Lembang Tahun Pelajaran 2012-2013.

 C.      Tujuan

 Rumusan tujuan untuk Program Kerja Kurikulum mengacu pada fungsi dan tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam  Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional beserta peraturan-peraturan pemerintah yang menyertainya.

Penyelenggaraan pendidikan dasar bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia; mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan demokratis; dan  mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Penyelenggaraan pendidikan menengah bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraKhlak mulia; mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan demokratis; menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi; memiliki etos dan budaya kerja;  dan  mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Tujuan penyusunan Program Kerja Kurikulum Tahun Pelajaran 2012-2013 antara lain sebagai berikut ini.

  1. Terwujudnya tujuan pendidikan di lingkungan SMP Negeri 4  Lembang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
  2. Sebagai bahan acuan pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan dan sekaligus sebagai salah satu alat evaluasi penyelenggaraan kegiatan-kegiatan bidang kurikulum, baik selama pengelolaan berlangsung maupun pada akhir tahun pelajaran 2012-2013.
  3. Sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan program kurikulum baik langsung maupun tidak langsung.

 D.     Ruang Lingkup Program Kerja

 Ruang lingkup Program Kerja Kurikulum Tahun Pelajaran 2012-2013 meliputi berbagai hal yang berhubungan dengan upaya menggali, memupuk, dan menggerakkan sumber daya pendidikan secara selaras sesuai dengan visi dan misi serta Renstra SMP Negeri 4 Lembang secara keseluruhan.

Adapun ruang lingkup program kerja urusan kurikulum meliputi hal-hal berikut ini.

  1. Pengelolaan rancangan atau pola pembagian tugas guru.
  2. Pengelolaan jadwal kegiatan belajar mengajar.
  3. Inventarisasi kebutuhan buku referensi.
  4. Pengelolaan kebutuhan format-format perangkat pembelajaran.
  5. Pengelolaan penyusunan perangkat pembelajaran.
  6. Pengelolaan pelaksanaan kegiatan belajar mengejar.
  7. Analisa pencapaian target kurikulum.
  8. Pengelolaan pelaksanaan penilaian/evaluasi belajar.
  9. Evaluasi komponen perangkat kurikulum.
  10. Pengelolaan laporan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

 


 BAB II   SEKILASKONDISI SMP NEGERI 4  LEMBANG

TAHUN PELAJARAN 2012-2013

 A.     Keadaan Siswa

1.      Jumlah Siswa

Pada tahun pelajaran 2012-2013, jumlah Siswa SMP Negeri 4  Lembang secara keseluruhan adalah 686 siswa. Adapun perincian jumlah siswa kelas VII, VIII, dan IX adalah sebagai berikut ini.

Tabel 2.1

JUMLAH SISWA SMP NEGERI 4  LEMBANG TAHUN 2012-2013

Kelas Paralel

Jumlah Rombongan Belajar

S i s w a

L

P

Jumlah

VII

8

123

165

288

VIII

6

105

107

212

IX

5

89

97

186

Jumlah

19

317

369

686

 2.      Potensi Siswa

Siswa SMP Negeri 4  Lembang yang berjumlah 686 siswa dengan berbagai latar belakang serta karakteristik kondisi sosial ekonominya, merupakan potensi sekaligus tantangan yang cukup besar bagi guru dan semua komponen yang ada di sekolah. Dilihat dari segi kualitas maupun kuantitas, para siswa adalah objek sekaligus subjek dalam hal peningkatan mutu pendidikan, baik dalam kegiatan intra maupun ekstra kurikuler.

 B.     Keadaan Guru

Pada tahun pelajaran 2012-2013, SMP Negeri 4  Lembang memiliki tenaga pengajar sebanyak 38 orang, terdiri atas 28 orang Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 11 orang Guru Honorer (GTT). Secara lebih terperinci, pembagian tugas guru dalam proses pembelajaran tahun pelajaran 2012-2013, khususnya semester ganjil adalah sebagai berikut ini.

Tabel. 2.2

PEMBAGIAN TUGAS GURU

NO.

NAMA GURU

KODE

GURU

 

TUGAS MENGAJAR

 

JML

JAM

 

TOTAL

MATA PELAJARAN /

TUGAS LAIN

1

Dr. Hj. Nita Isaeni, S.IP., M.PdNIP. 196807011997022002

1

Bahasa Inggris

8

26

Kepala Sekolah

18

2

Dadan Sukanda, S.PdNIP. 196111301982031005

2

Peng. Sosial

12

26

PLH

2

Wk. Bid. PLH

12

3

Nandang  K, S.Pd., M.M.Pd.NIP. 196604201988031003

3

Bhs. Indonesia

12

24

PLH

0

Wk. Bid. Kesiswaan

12

4

Drs. Bambang UtoyoNIP. 196508211999031001

4

Peng. Sosial

24

24

5

Ries Dadang Kamaludin, S.Pd.NIP. 196912111999031004

5

Peng. Sosial

20

24

PLH

4

6

N. Yuyun Yuniarti, S.Pd.NIP. 197103031999032007

6

Peng. Sosial

20

24

BP/BK

4

7

Hasna Nuraeni, S.Pd.NIP. 197412131999032003

7

IPA

24

24

8

H.M. Udin  S, S.Pd., M.M.Pd.NIP. 196605212000031002

8

Penjasorkes

26

26

9

Drs. Iwan SetiabudiNIP. 197010101999031007

9

Pend. Agama Islam

12

24

Wk. Bid. Humas

12

10

Ema Sukaesih, S.Pd.NIP. 198102052005012011

10

IPA

12

24

Koord. Lab. IPA

12

11

Tachyudin, S.Pd.NIP.196610252000121001

11

Matematika

24

24

12

Ratna Nengsih, S.Pd.NIP. 196512042007012002

12

Bhs. Indonesia

24

24

13

Drs. SarjuNIP. 196603122007011009

13

Bhs. Indonesia

16

24

Bhs. Sunda

8

14

Dra. Heni MulyaniNIP. 196306252007012005

14

PKN

26

26

15

H. Enjang Hermawan, S.Pd.NIP. 197305022008011003

15

PKN

12

24

Wk. Bi. Sarpras

12

16

Ati Karnati, S.Pd.NIP. 196709292008012

16

IPA

20

24

BP/BK

4

17

Yudi Kustiana, S.Pd., M.M.Pd.NIP. 197612122008011008

17

Matematika

12

24

Wk. Bid. Akademik

12

18

Lilis Gustini, S.Pd.NIP. 197308082008012004

18

Bhs. Indonesia

12

24

Seni Budaya

12

19

Santoso, S.Pd.NIP. 197105152008011009

19

Bhs. Indonesia

12

24

Seni Budaya

12

20

Iyam Siti Maryam, S.Pd.NIP. 197503202008012004

20

IPA

20

24

PLH

4

21

Dede Rosidin, S.Pd.I.NIP. 198102212009011012

21

Pend. Agama Islam

26

26

22

Handani, S.Pd.NIP. 197908262009011006

22

TIK

24

24

23

Dewi Rohaeni, S.Pd.NIP. 197910042012012006

23

Bhs. Sunda

26

26

24

Wedaningsih, S.Pd.NIP. 198111232012012005

24

Bhs. Inggris

24

24

25

Wini Hendayani, S.Pd.198109292012012003

25

Matematika

20

24

BP/BK

4

26

Fitri Agustina, S.Pd.NIP. 198108232012012006

26

Bhs. Inggris

24

24

27

Suci Intan Sari, S.Pd.NIP. 198506062011012003

27

Matematika

20

24

BP/BK

4

28

Ida Nurfarida, S.Pd

28

Bhs. Inggris

8

8

29

Supendi, S.Pd

29

TIK

8

8

30

Riki Lukmanul Hakim, S.Pd

30

PLH

10

10

31

M. Ramdhan Indra K, S.Pd

31

Penjasorkes

12

12

32

Cucu Amanah, S.Pd

32

TIK

6

6

33

Iman Furqon, S.Ag

33

PLH

10

10

34

Ati Rumiaty, S.Pd

34

Seni Budaya

8

8

35

Hendra Sanjaya, S.S

35

Bhs. Inggris

8

8

36

Sri Mahayati, S.Pd

36

Bhs. Inggris

4

8

Bhs. Sunda

4

37

Gugum Gunawan, A.Md

37

PLH

8

8

38

Irma Rahmawati, SH.I

38

Seni Budaya

6

6

39

Dian Anggraeni, S.Pd.

39

BP/BK

22

22

 

 

 B.     Pengembangan Dokumen Kurikulum SMP Negeri 4 Lembang

Berdasarkan Undang-undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 36 ayat 2 disebutkan bahwa ”Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversivikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik.”

Implementasi Undang-undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional tersebut dijabarkan kedalam sejumlah peraturan antara lain Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasioanal Pendidikan.

Dalam Peraturan pemerintah ini, ditegaskan arahan tentang perlunya disusun dan dilaksanakan delapan standar nasional pendidikan, yaitu: (1) standar isi, (2) standar proses, (3) standar kompetensi lulusan, (4) standar pendidik dan tenaga kependidikan, (5) standar sarana dan prasarana, (6) standar pengelolaan, (7) standar pembiayaan, dan (8) standar penilaian pendidikan.

Dalam dokumen ini pula dibahas standar isi sebagaimana dimaksud oleh Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005, yang secara keseluruhan mencakup hal-hal sebagai berikut ini.

  1. Kerangka dasar dan struktur kurikulum yang merupakan pedoman dalam penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan.
  2. Beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah.
  3. Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang akan dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan panduan penyusunan kurikulum sebagai bagian tidak terpisahkan dari standar isi.
  4. Kalender pendidikan untuk penyelenggaraan pendidikan pada satuan jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Kurikulum SMP Negeri 4 Lembang yang bermuatan  pendidikan budaya dan karakter bangsa, ekonomi kreatif dan kewirausahaan serta belajar aktif. Kurikulum SMP Negeri 4 Lembang dapat memberi kesempatan peserta didik untuk :

  1. belajar untuk beriman dan bertawa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  2. belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  3. belajar untuk memahami dan menghayati,
  4. belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
  5. belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
  6. belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

Kurikulum SMP Negeri 4 Lembang dapat membantu dalam pelaksanaan untuk meningkatkan pelayanan mutu pendidikan dan kerangka  dalam memberikan bekal kepada para unsur strategis pelaksana di sekolah.

Pengembangan pendidikan karakter bangsa, ekonomi kreatif dan jiwa kewirausahaan yang dilakukan di SMP Negeri 4 Lembang diintegerasikan melalui:

1.          Kurikulum sekolah

Penerapan pendidikan karakter, ekonomi kreatif, dan jiwa kewirausahaan diintegrasikan ke dalam kurikulum SMP Negeri 4 Lembang.

 2.          RPP dan Silabus

SMP Negeri 4 Lembang mengembangkan RPP dan Silabus tersendiri dengan mengintegrasi pendidikan karakter bangsa untuk  semua mata pelajaran wajib dan muatan lokal.

 3.          Program Tamanisasi Sekolah (School  In The Park Project)

Program ini merupakan salah satu indikator dalam pendidikan karakter bangsa berkaitan dengan peduli lingkungan.

 4.          Program Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)

Dalam kegiatan PLH bukan saja melalui mata pelajaran muatan lokal, tetapi juga praktek pengembangan ekonomi kreatif dan jiwa kewirausahaan melalui usaha budi daya tanaman bawang, sayuran, dan peternakan lele.

 5.           Program Field trip

Program ini adalah program yang mengintegrasikan pendidikan ekonomi kreatif dan jiwa kewirausahaan. Program ini merupakan kegiatan untuk menambah wawasan tentang dunia usaha dalam bidang pertanian mulai dari penanaman hingga pemasaran

 C.      Pengembangan Perangkat Pembelajaran

Agar proses dan hasil belajar yang diharapkan tercapai secara efektif dan efisien, maka setiap guru sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar di depan kelas, harus mempersiapkan terlebih dahulu perangkat pembelajaran.

Perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh guru dalam rangka proses pembelajaran antara lain sebagai berikut ini.

  1. Penjabaran isi silabus dari standar kompetensi dan kompetensi dasar.
  2. Analisis hari efektif.
  3. Program tahunan dan program semester.
  4. Program silabus dan program rencana pengajaran.
  5. Penyusunan standar ketuntasan belajar minimum.
  6. Evaluasi (penilaian).
  7. Analisis butir soal.
  8. Perbaikan dan pengayaan.

 D.     Pelaksanaan Program Kurikulum

Pelaksanaan kegiatan kurikulum SMP Negeri 4  Lembang pada tahun pelajaran 2012-2013, diharapkan mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebagai gambaran tentang kegiatan kurikulum tahun 2011-2012 yang lalu tertuang dalam tabel berikut ini.

Tabel 2.3

PERSENTASE PENCAPAIAN KEGIATAN

KURIKULER DAN EKSTRA KURIKULER TAHUN 2011-2012

DI SMP NEGERI 4  LEMBANG

No.

Jenis Kegiatan

Persentase Ketercapaian (%)

1.

2.

 Kegiatan Kurikuler

  1. Penyusunan perangkat pembelajaran
  2. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
  3. Kehadiran guru
  4. Kehadiran Siswa

Kegiatan Ekstra Kurikuler

  1. Pembuatan program
  2. Pelaksanaan kegiatan
  3. Kehadiran guru/Pembina
  4. Kehadiran siswa

100

100

95

95

100

95

95

95

 E.      Pencapaian

 

Berawal dari keadaan objektif siswa dan guru pada awal tahun pelajaran 2011-2012, serta proses hasil KBM tahun sebelumnya, maka target program kerja PKS kurikulum tahun pelajaran 2012-2013 adalah sebagai berikut ini.

  1. 1.      Proses Belajar Mengajar
  1. 2.      Hasil Keluaran (Output)
    1. a.      Kenaikan dan kelulusan

Tabel 2.5

TARGET PENCAPAIAN KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN SISWA

TAHUN 2012-2013

DI SMP NEGERI 4  LEMBANG

 

 

No.

 

Jenis Kegiatan

Persentase Ketercapaian

2011-2012

2012-2013

(Target)

I.

II.

Kenaikan Kelas:

  1. Kelas VII
  2. Kelas VIII

Kelulusan Kelas IX:

100

100

100

100

100

100

 

  1. b.     Ujian Nasaional Tertulis

Tabel 2.6

TARGET PENCAPAIAN NILAI UJIAN NASIONAL

TAHUN 2012-2013

DI SMP NEGERI 4  LEMBANG

No

Mata Pelajaran

2011-2012

2012-2013 (Target)

NTR

NTT

NRR

NTR

NTT

NRR

1

2

3

4

Bahasa IndonesiaBahasa InggrisMatematikaIPA

4,20

2,00

1,50

2,25

9,20

7,60

9,75

9,75

7,07

4,33

3,81

4,68

7,00

6,60

6,50

6,50

9,60

8,20

9,75

9,75

8,60

8,00

7,50

7,75

 

  1. c.      Ujian Sekolah (US)

Tabel 2.7

TARGET PENCAPAIAN NILAI UJIAN SEKOLAH

TAHUN 2012-2013

DI SMP NEGERI 4  LEMBANG

No

Mata Pelajaran

2011-2012

2012-2013 (Target)

NTR

NTT

NRR

NTR

NTT

NRR

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

Pend. AgamaPPKnB.IndonesiaB.InggrisMatematika

IPA

IPS

Seni Budaya

TIK

B. Sunda

PLH

8,00

8,00

8,00

7,80

7,75

8,00

8,00

8,00

8,00

8,00

8,00

9,60

9,40

9,00

8,80

9,00

9,00

9,00

8,80

8,80

8,80

9,40

8,57

8,32

8,59

8,20

8,19

8,39

8,15

8,43

8,26

8,31

8,67

8,20

8,20

8,20

8,00

8,00

8,20

8,20

8,20

8,20

8,20

8,20

9,60

9,40

9,00

8,80

9,00

9,00

9,00

8,80

8,80

8,80

9,60

8,65

8,55

8,70

8,40

8,30

8,50

8,25

8,50

8,30

8,40

8,70

 d.     Ujian Praktek

Tabel 2.8

TARGET PENCAPAIAN NILAI UJIAN PRAKTEK

TAHUN 2012-2013

DI SMP NEGERI 4  LEMBANG

No

Mata Pelajaran

2011-2012

2012-2013 (Target)

NTR

NTT

NRR

NTR

NTT

NRR

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

Pend. AgamaBhs. IndonesiaBhs. InggrisIPASeni Budaya

Penjaskes

TIK

Bahasa Sunda

PLH

8,00

8,00

8,00

8,00

8,00

8,00

8,00

8,00

8,00

9,70

9,00

9,00

8,80

9,50

8,40

8,70

9,30

9,40

8,55

8,59

8,30

8,44

8,69

8,10

8,26

8,31

8,67

8,20

8,20

8,20

8,20

8,20

8,20

8,20

8,20

8,20

9,70

9,20

9,20

9,00

9,50

9,20

9,00

9,30

9,40

8,55

8,59

8,30

8,44

8,69

8,10

8,26

8,31

8,67

Keterangan:

NTR         :  Nilai Terendah

NTT         :  Nilai Tertinggi

NRR         :  Nilai Rata-rata

 

BAB  III  PROGRAM KEGIATAN KURIKULUM

 A.       Kalender Akademik Tahun Pelajaran 2012-2013

Kalender pendidikan SMP Negeri 4  Lembang disusun dengan berpedoman kepada kalender nasional yang disesuaikan dengan program sekolah.

Tabel. 3.1.

ALOKASI MINGGU EFEKTIF DAN HARI EFEKTIF BELAJAR

TAHUN PELAJARAN 2012/2013

 

No

 

Nama Bulan

Jumlah Minggu

Jumlah Minggu Efektif

Ket

1

Juli 2012

3

2 (12 HE)

Jumlah Minggu 24 Mg

2

Agustus 2012

4

2 (15 HE)

3

September 2012

4

4 (25 HE)

4

Oktober 2012

5

5 (26 HE)

Jml Mg Efekftif 20 ME

5

Nopember 2012

4

4 (25 HE)

6

Desember 2012

4

3 (12 HE)

7

Januari 2013

5

4 (21 HE)

Jumlah Minggu 28 Mg

8

Pebruari 2013

4

4 (24 HE)

9

Maret 2013

4

4 (24 HE)

10

April 2013

4

4 (22 HE)

Jml Mg Efekftif 16 ME

11

Mei 2013

5

4 (25 HE)

12

Juni 2013

4

2 (12 HE)

13

Juli 2013

2

0 (0 HE)

Jumlah

52

43

HE 243

Kalender pendidikan ini adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup  permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Setiap permulaan tahun pelajaran, sekolah/madrasah menyusun kalender pendidikan untuk mengatur waktu kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Pengaturan waktu belajar di sekolah/madrasah mengacu kepada Standar Isi dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah, karakteristik sekolah/madrasah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, serta ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah.

Beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan SMP Negeri 4 Lembang dalam menyusun kalender pendidikan sebagai berikut:

  1.   Permulaan tahun pelajaran  adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Permulaan tahun pelajaran telah ditetapkan oleh Pemerintah yaitu bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
  2.   Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran  untuk setiap tahun pelajaran. Sekolah/madrasah dapat mengalokasikan lamanya minggu efektif belajar sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya.
  3.   Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh matapelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
  4.   Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal. Hari libur sekolah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan, Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota, dan/atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus.
  5.   Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.
  6.   Libur jeda tengah semester, jeda antarsemester, libur akhir tahun pelajaran digunakan untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal tahun.
  7.    Sekolah/madrasah-sekolah pada daerah tertentu yang memerlukan libur keagamaan lebih panjang dapat mengatur hari libur keagamaan sendiri tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.
  8.   Bagi sekolah/madrasah yang memerlukan kegiatan khusus dapat mengalokasikan waktu secara khusus tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.
  9.   Hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota.

Tabel 3.2

ALOKASI WAKTU HARI LIBUR

TAHUN PELAJARAN 2012/2013

No

Kegiatan

Alokasi Waktu

Keterangan

Minggu efektif  belajar 38 Minggu Digunakan untuk kegiatan pembelajaran efektif pada setiap satuan pendidikan
Jeda tengah semester 1 Minggu Satu minggu setiap semester
Jeda antar semester 2 Minggu Antara semester I dan II
Libur akhir tahun pelajaran 3 Minggu Digunakan untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal tahun pelajaran
Hari libur keagamaan Total sekitar 3 Minggu Libur awal ramadhan dan libur idul fitri
Hari libur umum/nasional 1 minggu Disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah
Hari libur khusus 1 minggu Sesuaikan dengan kegiatan Dinas Pendidikan Kabupaten
Kegiatan khusus sekolah 3 minggu Kegiatan meliputi IHT, Workshop, Field Trip, Studi Banding, Studi Tour, dll

 

KALENDER PENDIDIKAN SMP

KALENDER PENDIDIKAN SMP NEGERI 4 LEMBANG

TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Semester Ganjil

Juli 2012

Tanggal

Keterangan

Mg

Sn

Sl

Rb

Km

Jm

Sb

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

11

Pertama Masuk Sekolah

22

23

24

25

26

27

28

9-11

MOPD

29

30

31

19-21

Perkiraan Libur Awal Ramadhan
Agustus 2012

Mg

Sn

Sl

Rb

Km

Jm

Sb

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

17

Libur Umum Nasional

19

20

21

22

23

24

25

13-26

Perkiraan Libur Ramadhan/idul fitri

26

27

28

29

30

31

19-20

Libur Idul Fitri1433 H
September 2012

Mg

Sn

Sl

Rb

Km

Jm

Sb

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23/30

24

25

26

27

28

29

Oktober 2012

Mg

Sn

Sl

Rb

Km

Jm

Sb

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

8-13

Perkiraan Ulangan tengah Semester

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

 26

Libur Idul Adha 1433 H

28

29

30

31

Nopember 2012

Mg

Sn

Sl

Rb

Km

Jm

Sb

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

15

Libur tahun baru Hijriah 1434 H

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

Desember  2012

Mg

Sn

Sl

Rb

Km

Jm

Sb

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

10-15

Perkiraan Ujian Akhir Semester Ganjil

16

17

18

19

20

21

22

22

Pembagian Raport Semester Ganjil

23/30

24/31

25

26

27

28

29

24-31

Libur Semester 1
Januari 2013

Tanggal

Keterangan

Mg

Sn

Sl

Rb

Km

Jm

Sb

1

2

3

4

5

1-5

Libur Semester 1

6

7

8

9

10

11

12

7

Hari pertama masuk sekolah

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

24

Libur Maulid Nabi Muhammad SAW

27

28

29

30

31

Pebruari 2013

Mg

Sn

Sl

Rb

Km

Jm

Sb

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

Maret 2013

Mg

Sn

Sl

Rb

Km

Jm

Sb

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

11-16

Perkiraan UT Semester Genap

17

18

19

20

21

22

23

12

Libur Hari Nyepi

24/31

25

26

27

28

29

30

 29

Wafat Isa Almasih
April 2013

Mg

Sn

Sl

Rb

Km

Jm

Sb

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

Mei 2013  

Mg

Sn

Sl

Rb

Km

Jm

Sb

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

 9

Libur Kenaikan Isa Almasih

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

25

Libur Waisak

26

27

28

29

30

31

Juni 2013

Mg

Sn

Sl

Rb

Km

Jm

Sb

1

2

3

4

5

6

7

8

3-8

Perkiraan UKK

9

10

11

12

13

14

15

5

Libur Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW

16

17

18

19

20

21

22

22

Pembagian Raport Semester Genap

23/30

24

25

26

27

28

29

24-14

Libur akhir semester genap
  1. B.       Program Pengembangan Kurikulum
    1. 1.        Langkah Kerja Urusan Kurikulum

Untuk mencapai daya serap minimal, urusan kurikulm SMP Negeri 4 Lembang untuk tahun pelajaran 2012/2013 berusaha menyusun beberapa program kegiatan meliputi:

  1. Menyusun program pengajaran
  2. Menyusun dan menjabarkan kelender pendidikan
  3. Menyusun pembagian tugas dan jadwal pelajaran
  4. Mengatur penyusunan program pengajaran (program semester, program satuan pelajaran dan persiapan mengajar, penjabaran dan sesuai kurikulum).
  5. Mengatur pelaksanaan kurikuler dan ekstrakurikuler
  6. Mengatur pelaksanaan program criteria penilaian kenaikan kelas, criteria kelulusan dan laporan kemajuan belajar siswa serta pembagian raport dan STTB
  7. Menyusun jadwal evaluasi belajar dan pelaksanaan ujian akhir
  8. Mengatur pelaksanaan program remedial atau perbaikan dan pengayaan
  9. Mengkoordinasi, meyusun dan mengarahkan kelengkapan mengajar
  10. Mengatur pemanfaat lingkungan sebagai sumber belajar
  11. Mengatur pengembangan MGMP dan koordinasi mata pelajaran
  12. Melakukan supervise administrasi kelas
  13. Melakukan persiapan program kurikulum
  14. Penyusunan laporan secara berkala
  15. Penyusunan KTSP
  16. Ujian tengah semester :
  • Penyusunan kisi – kisi soal
  • Penyerahan nilai
  • Analisis soal
  • Pembagian raport tengah semester
  1. Evaluasi semester ganjil
  • Penyusunan kisi – kisi soal
  • Penyerahan nilai
  • Pengumpulan nilai akhir semester ganjil
  • Analisa soal
  • Pembagian rapor semester ganjil
  • Pembagian rapor semester ganjil
  1. Evaluasi semester genap
  • Penyusunan kisi – kisi soal
  • Penyerahan nilai
  • Pengumpulan nilai akhir semester genap
  • Analisa soal
  • Pembagian rapor semester genap
  • Pembagian rapor semester genap
  1. US/UN Kelas IX
  • Rapat persiapan US/UN
  • Penyusunan naskah soal US
  • Rapat Kelulusan pengumuman UN
  • Pembagian Ijazah dan SKHU

 

  1. 2.     Program Kerja Kurikulum

Tabel 3.3

PROGRAM KERJA HARIAN URUSAN KURIKULUM

TAHUN PELAJARAN 2011/2012

No

Kegiatan

Waktu

Ket.

1

Mengontrol atau memeriksa pada jam awal pelajaranü  Cek dan recek guru yang masuk pada awal pelajaran

ü  Cek dan recek saat pergantian jam pelajaran

Setiap hari efektif

 

 

Tabel 3.4

PROGRAM KERJA MINGGUAN URUSAN KURIKULUM

TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

No

Kegiatan

Waktu

Ket.

1

Merekapitulasi kehadiran majelis guru

Akhir minggu

2

Ikut serta pertemuan singkat dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, sarana, kesiswaan, dan wali kelas

Disesuaikan

3

Ikut serta Upacara Senin, SKJ dan sabtu bersih

Disesuaikan

 

 

Tabel 3.5

PROGRAM KERJA BULANAN URUSAN KURIKULUM

TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

No

Kegiatan

Waktu

Ket.

1

Merekapitulasi:ü  Kehadiran guru

ü  Pergantian jam pelajaran

ü  Pergantian guru piket

Setiap bulan

Sesuai dengan jadwal yang telah dietapkan

2

Mengumpulkan :ü  Buku batas pelajaran guru

ü  Buku nilai guru

ü  Buku daftar hadir siswa

ü  Buku kasus siswa

ü  Perangkat wali kelas

ü  Perangkat pembelajaran

ü  Perangkat terobosan

 

Setiap bulan

3

Rapat Bulanan

Setiap bulan

 

Tabel. 3.6

PROGRAM KERJA TAHUNAN URUSAN KURIKULUM

TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

 

No

Kegiatan

Langkah – Langkah Mencapai Keberhasilan

Waktu Pelaksa-

naan

Ket.

1

Meningkatkan program kerja bidang kurikulum
  1. Membuat program kerja tahunan

Juni 2012

2

Pembagian tugas mengajar
  1. Mendata petugas atau tenaga edukatif
  2. Membagi tugas mengajar secara adil dan merata

Juni 2012

3

Menetapkan kegiatan proses kegiatan belajar mengajar
  1. Membuat kelender pendidikan dan analisa waktu efektif
  2. Pembuatan jadwal pelajaran
  3. Pembuatan jadwal Pembina upacara
  4. Pembagian wali kelas
  5. Pembagian jadwal piket
  6. Pembuatan buku piket harian
  7. Mengkoordinasi pembuatan perangkat, silabus, program semester dan program tahuanan
  8. Pembuatan buku daftar penyerahan perangkat guru dan wali kelas
  9. Pembuatan buku daftar penyerahan perangkat pembelajaran
  10. Pembuatan jadwal supervise kunjungan kelas
  11. Membuat buku daftar hadir dan nilai untuk peserta didik
  12. Membuat buku kasus siswa
  13. Membuat jadwal rapat bulanan dan menyusun notulis

Juni – Juli 2012

  • Jadwal pelajaran
  • Jadwal Pembina upacara
  • Pembagian wali kelas
  • Jadwal piket
  • Buku piket harian
  • Daftar susunan perangkat pembelajaran
  • Buku penyerahan perangkat guru & wali kelas
  • Buku penyerahan perangkat pembelajaran
  • Jadwal supervisi kelas
  • Buku daftar hadir & nilai siswa
  • Buku kasus siswa
  • Jadwal rapat bulanan & daftar notulis

4

Melaksanakan ujian mid semester dan ujian semester
  1. Mengkoordinasi jadwal ujian mid semester dan ujian semester
  2. Mengkoordinasi pembuatan kisi – kisi soal dan naskah soal
  3. Menyusun jadwal pengoreksian hasil ujian dan pengumpulan nilai
  4. Mengkoordinir guru membuat analisa soal
  5. Melaporkan kegiatan semester 1 dan semester 2
  6. Mengkoordinir pengisian daftar nilai murni, nilai mid semester atau semester, target kurikulum dan lengger wali kelas

Awal & Akhir Semester

Disesuaikan dengan kelender pendidikan

5

Melaksanakan ujian nasional bagi siswa kelas IX
  1. Membuat program ujian nasional
  2. Mengkoordinir waktu tambahan belajar atau terobosan
  3. Mengkoordinir bahan ajar terobosan bersama guru MAPEL
  4. Menyusun panitia ujian nasional
  5. Menyusun tim pengawas
  6. Menyusun tim penjaga soal

Desember 2012 – Maret 2013

Disesuaikan dengan kelender pendidikan

 

  1. C.        Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan (terlampir)

  1. D.       Daya Dukung

Program kerja dalam mengembangkan program pendidikan SMP Negeri 4  Lembang sangat dipengaruhi oleh adanya daya dukung yang memadai.

Untuk mencapai keberhasilan program kurikulum SMP Negeri 4  Lembang, disamping dengan menggunakan sarana dan prasarana serta SDM yang sudah ada, maka perlu mengupayakan daya dukung yang sangat mendukung terwujudnya dan terlaksananya program.

  1. E.        Supervisi

Supervisi terhadap penyelenggaraan  kegiatan dengan tujuan utama untuk meningkatkan mutu program  dan keluaran (output) program dengan tetap memperhatikan seluruh keterkaitan secara konprehenship terhadap unsur-unsur lain, seperti guru, prasarana, sarana, kurikulum, sistem pengajaran, dan penilaian. Kegiatan supervisi akan memperhatikan perkembangan unsur-unsur tersebut secara berkelanjutan.

Pusat perhatian supervisi adalah perkembangan dan kemajuan suatu program karena itu berpusat pada peningkatan sumber daya manusia/guru terhadap segala aspeknya, seperti perbaikan metode dan teknik mengajar, perbaiakan cara dan prosedur penilaian,penciptaan kondisi yang kondusif bagi perkembangan kemampuan guru.

  1. F.        Monitoring

Monitoring ini diperlukan untuk mengetahui sejauhmana setiap kegiatan dilaksanakan. Juga untuk mengetahui tahapan pencapaian target apakah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dalam jadwal atau tidak, kendala apa saja yang timbul sehingga tahapan target tidak tercapai.

  1. G.       Pelaporan

Laporan penyelenggaraan program kurikulum sangat diperlukan untuk mengetahui data atau kondisi yang sebenarnya.

Laporan setiap program tergantung pada  jenis program yang dilaksanakan, ada yang per-triwulan dan ada yang per-semester. Isi laporan tersebut, akan diambil sebagai bahan pengambilan keputusan dan kebijakan bagi pihak-pihak yang berwenang.

BAB IVPENUTUP

Demikian penyusunan Program Kerja Wakasek Kurikulum tahun pelajaran 2012-2013, merupakan salah perangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan SMP Negeri 4  Lembang. Sesuai dengan pengertian tersebut, Program Kerja Kurikulum 2012/2013 berisi seperangkat rencana dan pengaturan tentang program yang dibakukan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan SMP Negeri 4  Lembang. Program kerja kurikulum adalah satu upaya untuk mencapai keberhasilan penyelenggaraan kegiatan pendidikan di SMP Negeri 4  Lembang Kabupaten Bandung Barat. Agar program kerja ini dapat dilaksanakan secara optimal, tentunya semua komponen yang terlibat dalam proses pendidikan di SMP Negeri 4  Lembang yang meliputi seluruh komponen sekolah mulai dari pimpinan sekolah, guru, wali kelas, serta tata usaha,  hendaknya senantiasa bekerjasama, dalam rangka melaksanakan tugas dengan penuh rasa disiplin dan tanggungjawab, guna terwujudnya tujuan pendidikan nasional yang kita harapkan.

Akhirnya, semoga Allah SWT  membalas sekecil apapun kontribusi kita dalam dunia pendidikan khususnya di lingkungan SMP Negeri 4  Lembang, dengan balasan yang berlipat ganda baik di dunia maupun di akhirat, insya Allah, amin.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s