SUPERVISI

Laporan Hasil Supervisi

BAB I PENDAHULUAN

 A.       Latar Belakang

Program Sekolah SMP Negeri 4 Lembang melalui Pembantu Kepala Sekolah Bidang Kurikulum sudah menginisiasi program-program pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran di dalam kelas. Agar berbagai program yang diimplementasikan di sekolah dapat berkualitas sesuai dengan standar yang diharapkan, yaitu efektif, efisien, relevan, serta kontributif terhadap kehidupan lulusan di masa depan, maka monitoring dan evaluasi yang dilakukan juga bersifat supervisi klinis. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk mengungkap keterlaksanaan program tersebut di sekolah, tetapi juga membantu sekolah untuk mencari jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan program. Supervisi yang bersifat klinis, dilakukan dengan  maksud untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di dalam kelas dan kemudian menyusun alternatif pemecahannya berdasarkan hasil supervisi klinis. Supervisi klinis merupakan layanan profesional dari pihak yang berkompeten dalam bidangnya (dalam hal ini supervisor), sehingga dapat membuat guru mampu memecahkan problem yang dihadapi.

Arti supervisi klinis untuk guru merupakan bentuk bimbingan profesional yang diberikan kepada guru berdasarkan kebutuhannya melalui siklus yang sistematis. Makna yang terkandung dalam istilah klinis merujuk pada unsur-unsur khusus, yaitu: a) adanya hubungan tatap muka antara supervisor dan guru di dalam kegiatan supervisi, b) terfokus pada tingkah laku yang sebenarnya di dalam proses supervisi, c) adanya observasi dan wawancara secara cermat, d) deskripsi data secara rinci, e) supervisor dan guru bersama-sama menilai penampilan guru atau kinerja sekolah, f) fokus sesuai dengan kebutuhan guru.

Supervisi klinis memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Perbaikan dalam program sekolah mengharuskan unsur-unsur sekolah untuk mempelajari keterampilan intelektual dan bertingkah laku berdasarkan keterampilan tersebut,
  2. Fungsi utama supervisor adalah mengajar keterampilan-keterampilan yang seharusnya dimiliki sebagai seorang guru, kepala sekolah serta unsur-unsur terkait di sekolah,
  3. Siklus dalam merencanakan, melaksanakan dan menganalisis program sekolah merupakan suatu kontinuitas dan dibangun atas dasar pengalaman masa lampau,
  4. Supervisi klinis merupakan proses memberi dan menerima informasi yang dinamis dimana supervisor, guru serta unsur-unsur terkait di sekolah, merupakan teman sejawat di dalam mencari pemahaman bersama mengenai proses pendidikan,
  5. Proses supervisi klinis terutama berpusat pada interaksi verbal mengenai analisis jalannya program,
  6. Setiap guru dan sekolah serta unsur terkait di sekolah mempunyai kebebasan maupun tanggung jawab untuk mengemukakan pokok-pokok persoalan, menganalisis cara mengajarnya sendiri dan mengembangkan gaya mengajarnya, dan
  7. Supervisor mempunyai kebebasan maupun tanggung jawab untuk menganalisis dan mengevaluasi yang dilakukan dengan cara yang sama seperti ketika menganalisis dan mengevaluasi pelaksanaan program di sekolah.

Oleh karena itu, Laporan Program kegiatan supervisi klinis yang bersifat menyeluruh terhadap seluruh program yang dijalankan di sekolah terkait dengan upaya peningkatan mutu proses pembelajaran.

 B.        Tujuan Supervisi

  1. Melakukan pengamatan dan pembimbingan secara langsung keterlaksanaan program guru dalam kbm mengajar di kelas;
  2. Mendeteksi hambatan-hambatan yang dihadapi sekolah dalam melaksanakan program dan membantu upaya pemecahan masalah;
  3. Mengumpulkan dan menganalisis data yang ditemukan di lapangan untuk menyusun rekomendasi terkait dengan perbaikan pelaksanaan program ke depan.

 C.        Manfaat Supervisi

 

  1. Pelaksanaan program di sekolah dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
  2. Peningkatan mutu guru semakin lama semakin baik
  3. Lingkungan belajar di sekolah menjadi semakin baik yang pada gilirannya kualitas sekolah menjadi semakin baik pula.
  4. Sebagai umpan balik bagi guru untuk perbaikan dimasa yang akan datang.

 

BAB II CARA SUPERVISI

 A.       Objek Supervisi

Yang menjadi objek supervisi klinis adalah guru-guru SMPN 4 Lembang, diantaranya :

No

Nama Guru

Mata Pelajaran

1

M. Ramdhan I.K, S.Pd.

Penjasor

2

Dra. Heni Mulyani

Pendidikan Kewarganegaraan

3

R. Dadang Kamaludin, S.Pd.

IPS Sejarah

4

Lilis Agustini, S.Pd.

Bahasa Indonesia

5

Ida Nurfarida, S.Pd.

Bahasa Inggris

6

Handani, S.Pd.

T I K

7

Wedaningsih, S.Pd.

Bahasa Inggris

8

Supendi, S.Pd.

Matematika

9

Santoso, S.Pd.

Bahasa Indonesia

10

N. Yuyun Yuniarti, S.Pd.

IPS Ekonomi

11

Fitri Agustina, S.Pd.

Bahasa Inggris

12

Hendra Sanjaya, S.S.

T I K

13

Wini Hendayani, S.Pd.

Matematika

14

Sri Mahayanti, S.Pd.

Bahasa Inggris

15

Iyam Siti Mariyam, S.Pd.

IPA Biologi

16

Riki Lukmanul Hakim, S.Pd.

Pendidikan Kewarganegaraan

17

Dede Rosidin, S.Pd.I.

Pend. Agama Islam

18

Ati Rumiati, S.Pd.

Seni Budaya

19

Ratna Nengsih, S.Pd.

Bahasa Indonesia

20

Dewi Rohaeni, S.Pd.

Bahasa dan Sastra Sunda

21

Hasna Nuraeni, S.Pd.

IPA Biologi

22

Iman Furqon, S.Ag.

Pend. Agama Islam

23

Gugun Gunawan, A.Md.

Bahasa Inggris

 B.        Instrumen dan Cara Pengumpulan Data

Format Instrumen Supervisi yang digunakan

Petunjuk :

Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5)  sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1 = sangat tidak baik

2 = tidak baik

3 = kurang baik

4 = baik

5 = sangat baik

NO

INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI

SKOR

 

I

PRAPEMBELAJARAN

1.

Mempersiapkan  siswa untuk belajar

 1  2  3  4 5

2.

Melakukan kegiatan apersepsi

 1  2  3  4 5

 

II

KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

 

A.

Penguasaan materi pelajaran

 

3.

Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran

1  2  3  4  5

4.

Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan

1  2  3  4  5

5.

Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa

1  2  3  4  5

6.

Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan

1  2  3  4  5

 

B.

Pendekatan/strategi pembelajaran

 

7.

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakteristik siswa.

1  2  3  4  5

8.

Melaksanakan pembelajaran secara runtut

1  2  3  4  5

9.

Menguasai kelas

1  2  3  4  5

10.

Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual

1  2  3  4  5

11.

Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif

1  2  3  4  5

12.

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan

1  2  3  4  5

 

C.

Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran

 

13.

Menggunakan media secara efektif dan efisien

1  2  3  4  5

14.

Menghasilkan pesan yang menarik

1  2  3  4  5

15.

Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media

1  2  3  4  5

 

D.

Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

16.

Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran

1  2  3  4  5

17.

Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa

1  2  3  4  5

18.

Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar

1  2  3  4  5

 

E.

Penilaian proses dan hasil belajar

 

19.

Memantau kemajuan belajar selama proses

1  2  3  4  5

20.

Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)

1  2  3  4  5

 

F.

Penggunaan bahasa

 

21.

Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar

1  2  3  4  5

22.

Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai

1  2  3  4  5

 

 

III

PENUTUP

 

23.

Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa

1  2  3  4  5

24.

Melaksanakan tindak lanjut  dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan

1  2  3  4  5

 

Total Skor

 

 C.        Teknik Analisis Data

Teknik analisis data menggunakan Program SPSS dari data yang dilakukan dari skor yang diperoleh masing-masing guru.

(Teknik Terlampir)

 D.       Prosedur Supervisi

Prosedur supervisi klinis berlangsung dalam suatu proses berbentuk siklus terdiri dari tiga tahap yaitu: tahap pendahuluan, tahap pengamatan dan tahap pertemuan balikan. Pada tahap pendahuluan, supervisor dan guru bersama-sama membicarakan rencana tentang materi observasi yang akan dilaksanakan. Pada tahap berikutnya guru melatih kemampuan mengajar berdasarkan komponen keterampilan yang telah disepakati dalam pertemuan pendahuluan. Supervisor mengamati dan mencatat atau merekam tingkah laku guru ketika mengajar berdasarkan komponen keterampilan yang diminta oleh guru untuk direkam. Supervisor dapat juga mengadakan observasi dan mencatat tingkah laku siswa di kelas serta interaksi antara guru dan siswa. Sebelum tahap pertemuan balikan dilaksanakan, supervisor mengadakan analisis pendahuluan terhadap rekaman observasi yang dibuat. Supervisor harus mengusahakan data yang obyektif, menganalisis dan menginterpretasikan secara kooperatif dengan guru tentang apa yang telah berlangsung dalam mengajar. Hal ini perlu sebagai rujukan dan pedoman terhadap proses pembinaan dan peningkatan kemampuan profesionalisme guru selanjutnya dalam bidang tersebut.

Dalam proses pengkajian terhadap berbagai cara pemecahan yang mungkin dilakukan, setiap alternatif pemecahan dipelajari kemungkinan keterlaksanaannya dengan cara mempertimbangkan faktor-faktor peluang yang dimiliki seperti fasilitas dan kendala yang mungkin dihadapi. Alternatif pemecahan masalah yang terbaik adalah alternatif yang paling mungkin dilakukan, dalam arti lebih banyak faktor-faktor pendukungnya dibandingkan dengan kendala yang dihadapi selain memiliki nilai tambah yang paling besar bagi pengingkatan mutu proses dan hasil belajar siswa.

Tim supervisor terdiri dari para PKS, staf PKS  dan guru senior  yang terdiri atas guru mata pelajaran yang disupervisi, yang akan mensupervisi sesuai dengan guru mata pelajaran.

Jadwal Supervisi Kelas ( Terlampir )

 

BAB III HASIL SUPERVISI

Hasil Supervisi yang dilakukan mencakup komponen (konteks, masukan, proses, produk, dan dampak). Hasil atau skor dari supervisor *(terlampir).

Komponen proses (process) yang berkenaan langsung dengan penyelenggaraan PBM di kelas, yaitu komponen : Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

Komponen Kegiatan Belajar Mengajar, antara lain mencakup :

 A.       Keterlaksanaan jadwal

Berdasarkan jadwal yang telah disusun atau diprogramkan sebelumnya bahwa dalam pelaksanaan yang sesuai dengan jadwal mencapai 73,91 % (artinya sebanyak 17 orang guru yang sesuai jadwal dari 23 orang guru yang direncanakan untuk disupervisi, sedangkan 6 orang guru mengalami keterlambatan sesuai jadwal supervisi dikarenakan bentrok antara jadwal dengan pelaksanaan supervisi).

 B.        Penyampaian materi

56,52 % orang guru menyampaikan materi sesuai dengan administrasi yang dibuat, sedangkan 43,48 % orang guru belum sesuai dengan administrasi yang telah direncanakan.

 C.        Disiplin siswa

Melihat proses pembelajaran selama supervisi kedisiplinan siswa dapat dikendalikan oleh masing-masing guru mata pelajaran yang bersangkutan.

 D.       Penggunaan metode mengajar dan media pembelajaran

Dari 23 guru yang dilakukan supervisi, masih kurangnya metode yang bervariasi dan cenderung kepada metode diskusi dan tanya jawab.

 E.        Pemanfaatan perpustakaan dan lingkungan sebagai sumber belajar

Dari pemanfaatan perpustakaan dan lingkungan sebagai sumber belajar belum optimal, artinya guru terfokus kepada pembelajaran didalam kelas sehingga belum optimal dan menggunakan sarana lain sebagai sumber belajar.

 F.         Pemberian pengalaman belajar pada siswa

Dalam pembelajaran di dalam kelas hampir rata-rata siswa kurang mengeksplor, sehingga pengalaman belajar siswa yang kontruktivisme kurang.

 G.       Perasaan guru dan siswa

Melihat hasil supervisi secara dominan sudah cukup baik, sehingga sering terjadi interaktif yang cukup baik.

BAB IV KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

 A.       Kesimpulan

Berdasarkan jadwal yang telah disusun atau diprogramkan sebelumnya bahwa dalam pelaksanaan yang sesuai dengan jadwal mencapai 73,91 % (artinya sebanyak 17 orang guru yang sesuai jadwal dari 23 orang guru yang direncanakan untuk disupervisi, sedangkan 6 orang guru mengalami keterlambatan sesuai jadwal supervisi dikarenakan bentrok antara jadwal dengan pelaksanaan supervisi). 56,52 % orang guru menyampaikan materi sesuai dengan administrasi yang dibuat, sedangkan 43,48 % orang guru belum sesuai dengan administrasi yang telah direncanakan.Melihat proses pembelajaran selama supervisi kedisiplinan siswa dapat dikendalikan oleh masing-masing guru mata pelajaran yang bersangkutan.

Dari 23 guru yang dilakukan supervisi, masih kurangnya metode yang bervariasi dan cenderung kepada metode diskusi dan tanya jawab.Dari pemanfaatan perpustakaan dan lingkungan sebagai sumber belajar belum optimal, artinya guru terfokus kepada pembelajaran didalam kelas sehingga belum optimal dan menggunakan sarana lain sebagai sumber belajar.Dalam pembelajaran di dalam kelas hampir rata-rata siswa kurang mengeksplor, sehingga pengalaman belajar siswa yang kontruktivisme kurang. Melihat hasil supervisi secara dominan sudah cukup baik, sehingga sering terjadi interaktif yang cukup baik.

 B.        Rekomendasi

Untuk perbaikan supervisi dan menghasilkan kualitas yang lebih baik, ada beberapa rekomendasi, antara lain :

  1. Supervisi yang dilakukan seharusnya oleh Kepala Sekolah yang didampingi oleh Guru Senior atau guru yang sama dengan guru yang akan disupervisi.
  2. Supervisi dilaksanakan untuk semua guru tanpa terkecuali.
  3. Untuk guru mempersiapkan sebaik mungkin administrasi pembelajaran.
  4. Guru bisa menggunakan sarana lingkungan, perpustakaan, labolatorium sebagai sumber belajar dan tidak terfokus kepada belajar didalam kelas saja.

 

Lampiran-lampiran

Lampiran 1 :

JADWAL SUPERVISI KLINIS SEMESTER GENAP

TAHUN PELAJARAN 2010-2011

SMP NEGERI 4 LEMBANG

 

No

Nama Guru

Tanggal

Kelas

Jam Ke –

1

M. Ramdhan I.K, S.Pd.

16 Feb 2011

8C

1 – 2

2

Dra. Heni Mulyani

9E

3 – 4

3

R. Dadang Kamaludin, S.Pd.

8A

5 – 6

4

Lilis Agustini, S.Pd.

17 Feb 2011

9D

1 – 2

5

Ida Nurfarida, S.Pd.

7D

3 – 4

6

Handani, S.Pd.

7C

5 – 6

7

Wedaningsih, S.Pd.

9C

5 – 6

8

Supendi, S.Pd.

18 Feb 2011

7E

5 – 6

9

Santoso, S.Pd.

28 Feb 2011

7A

1 – 2

10

N. Yuyun Yuniarti, S.Pd.

9C

3 – 4

11

Fitri Agustina, S.Pd.

8D

3 – 4

12

Hendra Sanjaya, S.S.

8B

5 – 6

13

Wini Hendayani, S.Pd.

8C

7 – 8

14

Sri Mahayanti, S.Pd.

01 Mar 2011

7C

1 – 2

15

Iyam Siti Mariyam, S.Pd.

9C

3 – 4

16

Riki Lukmanul Hakim, S.Pd.

8F

5 – 6

17

Dede Rosidin, S.Pd.I.

7C

5 – 6

18

Ati Rumiati, S.Pd.

7D

5 – 6

19

Ratna Nengsih, S.Pd.

9B

7 – 8

20

Dewi Rohaeni, S.Pd.

8B

7 – 8

21

Hasna Nuraeni, S.Pd.

02 Mar 2011

7E

5 – 6

22

Iman Furqon, S.Ag.

7A

5 – 6

23

Gugun Gunawan, A.Md.

03 Mar 2011

7B

3 – 4

Lampiran 2 :

REKAFITULASI SKOR/NILAI SUPERVISI DALAM KELAS

SMP NEGERI 4 LEMBANG

No

Nama Guru

Mata Pelajaran

Skor

1

M. Ramdhan I.K, S.Pd.

Penjasor

97

2

Dra. Heni Mulyani

Pendidikan Kewarganegaraan

105

3

R. Dadang Kamaludin, S.Pd.

IPS Sejarah

103

4

Lilis Agustini, S.Pd.

Bahasa Indonesia

5

Ida Nurfarida, S.Pd.

Bahasa Inggris

97

6

Handani, S.Pd.

T I K

104

7

Wedaningsih, S.Pd.

Bahasa Inggris

104

8

Supendi, S.Pd.

Matematika

101

9

Santoso, S.Pd.

Bahasa Indonesia

10

N. Yuyun Yuniarti, S.Pd.

IPS Ekonomi

11

Fitri Agustina, S.Pd.

Bahasa Inggris

106

12

Hendra Sanjaya, S.S.

Bahasa Inggris

105

13

Wini Hendayani, S.Pd.

Matematika

14

Sri Mahayanti, S.Pd.

Bahasa Inggris

15

Iyam Siti Mariyam, S.Pd.

IPA Biologi

110

16

Riki Lukmanul Hakim, S.Pd.

I P S

104

17

Dede Rosidin, S.Pd.I.

Pend. Agama Islam

18

Ati Rumiati, S.Pd.

Seni Budaya

19

Ratna Nengsih, S.Pd.

Bahasa Indonesia

20

Dewi Rohaeni, S.Pd.

Bahasa dan Sastra Sunda

106

21

Hasna Nuraeni, S.Pd.

IPA Biologi

22

Iman Furqon, S.Ag.

Pend. Agama Islam

23

Gugun Gunawan, A.Md.

Bahasa Inggris

Catatan :

  1. Skor Maksimal : 120, Skor Minimal : 24

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s